Berfikir Simpel

16.45.00

Hello! And Welcome Back to My Lovely Blog!!! 


Baru baru ini, beberapa guruku di sekolah sering banget bilang kalo kita harus berfikir simpel. “Wuaduh gimana tuh?” Jadi, berfikir simpel itu bukan sesimpel kalimatnya, bukan berarti kita tidak mau berfikir lalu mengambil jalan pintas, kalo itu mah MALES. Berfikir simpel adalah cara berfikir mulai dari hal-hal yang dekat dengan kehidupan kita. Jadi, dalam melihat sesuatu hal, yang pertama harus kita lihat adalah hal-hal yang ada di sekitar kita dan kehidupan kita, kalo kata guruku sih “Pertama iku gausah mikir adoh-adoh” which mean, saat berfikir kita itu gausah mikir terlalu jauh dulu tapi, kita lihat aja yang deket-deket. Kaya misal gebetan nih, kalo lagi cari gebetan cari aja yang deket-deket dulu kaga udah jauh-jauh #LAHINIAPA.


Nah sebenernya, berfikir simpel itu emang gak mudah, malah mungkin sedikit susah? Iya, menghubungkan sesuatu itu susah, apalagi menghubungkan hubungan yang udah kandas. Tapi ibarat pepatah “Bisa karena biasa” kita merasa semua hal susah karena kita masih pertama mencoba, tapi pas udah dilakuin terus apalagi karena suka, pasti lama-lama juga mudah. Intinya semua itu tergantung sama diri pribadi kita masing-masing, termasuk dalam berfikir simpel.


Menurutku, dengan berfikir simpel, suatu hal yang susah itu bakalan jadi simpel #yaiyalah. Karena dalam berfikir simpel, kita itu menghubungkan suatu hal yang susah dengan hal-hal yang udah relevan di kehidupan kita. Kaya misal, Biologi, kenapa biologi menarik? Karena biologi itu banyak membahas tentang kehidupan kita, seperti bagaimana bentuk tulang-tulang kita, bagaimana cara tubuh kita menghasilkan energy, dan warna-warni bagaimana lainnya. Kalo untuk aku sendiri, dengan berfikir secara simpel, aku jadi makin suka sama suatu pelajaran gitu, ya walaupun pelajaran itu susah. Nah, mungkin kalian udah sering denger guru kalian bilang “Kalian bisa suatu pelajaran karena kalian suka dan gak benci sama pelajaran itu” dan perkataan itu bener banget sih. Kalo kalian gak suka sama suatu pelajaran, dijamin kalian pasti boring dan males belajar satu pelajaran itu. Nah, kunci yang paling penting buat pelajar itu sebenernya menyukai suatu pelajaran dan juga gurunya. Salah satu caranya sih ya dengan berfikir simpel, yakni selalu menghubungkan sesuatu yang susah dengan contoh-contoh di kehidupan sehari-hari. Dengan begitu, kita pasti bakalan lebih excited buat mempelajari sesuatu, soalnya hal itu ada dalam kehidupan kita.



Lastly, aku masih inget banget kata-kata dari salah satu guruku, “Semua pelajaran itu sebenernya selalu ada hubungannya sama kehidupan kita”. YUP semuanya, all of them, semua yang kita pelajari. Nah tapi kenapa nih kok kadang kita gak tau kalau ada banyak hal dikehidupan kita yang berhubungan sama pelajaran? Itu mungkin karena kita terlalu melihat ke suatu hal yang jauh dan selalu berfikir bahwa semua hal itu susah, kita belum pernah menunduk, memutar kepala kita untuk melihat semua hal yang ada di kehidupan kita, makanya kita gak menemukan hal itu. SO from now, let think simple and see what’s around us first.

You Might Also Like

2 comments

  1. Yapp exactly is true! Orang orang lebih sering berfikir jauh ketimbang nerapin cara berpikir yang 'gak ribet' / simpel. Tapi berfikir jauh kayaknya emang udah jadi kebiasaan orang-orang...

    willynana.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah makanya karena udah jadi pemikiran orang kita harus ngerubah itu dari diri kita sendiri :)

      Hapus

Terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca dan berkomentar.