[Updated] TIPS NABUNG PALING AMPUH

08.00.00

Hai! Welcome back to my lovely blog!! 

Wadaw wadaw wadaw, apa kabar semuanya? I hope you all are GOOD. Ditahun 2015 lalu, aku udah bikin 5 TIPS NABUNG PALING AMPUH yang pertama kalinya. Buat tahun 2018 awal ini, mumpung masih awal tahun PLUS awal bulan, aku mau bagi bagi 5 TIPS NABUNG PALING AMPUH jilid-2. Ea gaya gak sih jilid dua, udah kaya buku aja wkwkwkw. Oke YUK LANJUUUT

edited by : Tristansha. Picture credit : https://s-i.huffpost.com


Simpan saku yang pengen ditabung
Nyimpen uang saku yang pengen kamu tabung mungkin kedengeran kaya sepele banget, padahal asli-nya mah susah guys! Kadang kita udah pengen nyimpen uang saku tapi akhir-akhirnya malah habis buat jajan, iya gak? Nah tipsnya nih, sebelum berangkat sekolah, dan uang saku dipake jajan, kalian sisihin dulu berapa banyak yang mau kalian tabung.

Catat semua pengeluaran dan pemasukan
Tips satu ini, menurutku sangat membantu kalo kamu pengen nabung, dan juga merupakan tips yang paling dasar sebenernya. Kalo kamu udah nyatet semua pengeluaran kamu, kamu bisa tahu nih pengeluaran mana aja yang kiranya ga perlu diulang karena ga terlalu penting. Trus kamu bisa juga menyesuaikan pengeluaran dengan pemasukan yang udah kamu catet juga.

Set your goals
Tips yang ini juga gak kalah penting, yaitu dengan menulis goals-goals kamu. Misalnya aja nih, kamu punya goals buat nabung sebanyak berapa rupiah dengan deadline misal akhir Januari atau kamu pengen beli sesuatu di akhir bulan. Dengan menuliskan goals-goals atau apa yang ingin kamu capai, semangatmu buat ngumpulin uang pasti bakalan bertambah 100% hahaha.

Catat semua hal yang kamu BUTUHKAN
Nah yang ini nih penting pakai sekali. Jadi selain nge-set goals, kamu juga harus nyatet semua hal yang kamu butuhkan. Misalnya, kamu harus bayar kas kelas, kas organisasi, atau mungkin bayar majalah bulanan atau mungkin ada barang yang kamu butuhin dan harus banget dibeli, harus kamu catet dan kamu selesaikan terlebih dahulu. Maksutnya diselesaikan itu, kamu harus menyisihkan uang buat hal-hal ini dulu daripada buat hal-hal yang kamu pengenin, ya kewajiban diatas hak lah istilahnya.

Need > Want
THIS IS REALLY IMPORTANT. Jadi, maksutnya Need > Want itu, kamu harus selalu mendahulukan hal-hal yang kamu BUTUHKAN daripada hal yang kamu INGINKAN. Emang kelihatannya gampang, tapi ini susah lo sebenernya. Dan hal ini kadang juga disepelekan, terutama para pelajar hehehe, kadang aku juga kelepasan beli hal-hal yang aku pengenin tapi ternyata ga terlalu guna-guna amat, so tipsnya sih think before buy, jangan cuma liat diskon trus langsung beli, oke???



Gimana nih? Semoga 5 tips diatas bisa bantu kalian nabung yaaa! Semangat nabungnya semua! Buat yang punya tips lain, bisa ditambahkan di kolom komentar :)



You Might Also Like

0 comments

Terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca dan berkomentar.